Monday, November 26, 2012

Lanjutan Materi Agama Islam Dakwah Rasul

B. PENYEBARAN ISLAM DI MEKAH

1.Muhammad menjadi Nabi dan Rasul
Pada malam 17 Ramadhan atau 6 Agustus 610 M, saat Nabi Muhammad S.A.W. menginjak usia 40 taun, Malaikat Jibril datang membawa wahyu dan menyuruh Nabi Muhammad untuk membacanya, yaitu Surah AL ‘Alaq 1-5.

ArtinyaBacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia menciptakan manusia dari segumpal darah beku. Bacalah dan Tuhanmu Yang Maha Pemurah. Yang mengajar manusia melalui pena dan tulisan. Dia mengajar manusia apa yang tidak diketahuinya.
  • Setelah Nabi Muhammad menerima wahyu pertama kali dari Malaikat Jibril, beliau memceritakan kepada istrinya (Khadijah) dan saat itu Khadijah mengimaninya.
  • Khadijah orang pertama beriman dan masuk islam.
  • Pengangkatan Nabi Muhammad dibenarkan oleh pendeta Nasrani  yang bernama Waraqah bin Naufal.
  • Dua setengah tahun kemudian Nabi Muhammad mendapat wahyu yang kedua yaitu AL Muddassir 1-7


Artinya:  1. Hai orang yang berkemul (berselimut), 2. bangunlah, lalu berilah peringatan! 3. dan Tuhanmu agungkanlah! 4. dan pakaianmu bersihkanlah, 5. dan perbuatan dosa tinggalkanlah, 6. dan janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak. 7. dan untuk (memenuhi perintah) Tuhanmu, bersabarlah.

2.Dakwah Rasullah S.A.W
a.Menyiarkan secara sembunyi-bunyi
  Setelah menerima wahyu kedua, mulailah Nabi Muhammad berdakwah secara sembunyi-bunyi dan menyeru keluarganya yang terdekat.
  Orang-orang yang mulai beriman kepada Rasullah s.a.w yaitu Siti Khadijah, Ali bin Abi Thalib, Zaid bin Harisah, Abu Bakar Siddik.
  Melalui Abu Bakar orang yang pertma masuk islam (diberi gelar As Sabiqunal Awwalun) yaitu Usman bin Affan, Zubair bin Awwam, Saad bin Abi Waqqas, Abdurrahman bin Auf, Talhah bin Ubaidillah dll.

b. menyiarkan secara terang-terangan
Nabi Muhammad melakukan da’watul afrad yaitu ajakan memeluk islam secara diam-diam atau sembunyi-sembunyi dari satu rumah ke rumah lain selama tiga tahun.. Lalu turun Surah Al Hijr 94:

Artinya Maka sampaikanlah olehmu secara terang-terangan segala apa yang diperintahkan (kepadamu) dan berpalinglah dari orang-orang yang musyrik.

 Seruan tersebut bersifat umum, awalnya ditujukan pada: kerabat-kerabatnya, penduduk di Mekah dan kabilah-kabilah Arab.
 Pada mulanya mereka menganggap dakwah Nabi Muhammad sebagai gerakan yang tidak mempunyai dasar dan tujuan, tidak perlu diacuhkan, tidak akan bertahan lama serta gerakan tersebut dipimpin oleh Nabi Muhammad yang saat itu beliau dikatakan sudah tidak waras lagi.
• Karena adanya bimbingan serta petunjuk dari Allah S.W.T dakwah beliau semakin tersebar luas dan pengikutnya semakin banyak.



No comments:

Post a Comment